Selasa, 06 Mei 2014

Font Terbanyak Digunakan di Tahun 2013-2014


Assalamualaikum pengunjung,

Tahukah Anda, setiap tahun font yang digunakan selalu berubah-ubah. Baik itu dalam situs web, sebuah produk, trailer film, ataupun iklan. Font memang sangat penting dalam sebuah desain. Font harus menentukan keadaan suatu benda, oleh karena itu pemilihan font sangat perlu diperhatikan. Jika kita lihat di televisi misalnya, para desainer sering kali menggunakan front yang sama untuk iklan yang berbeda. Font-font tersebut sangat bagus tentunya. Namun, mungkin di antara Anda ada yang ingin mencicipi font tersebut tapi tidak mengetahui apa nama font tersebut. Nah, sekarang di blog ini akan dijelaskan font apa saja yang sering digunakan di tahun 2013-2014 ini.

1. Din Next
Menurut pengamatan saya, font ini langsung meluncur setelah iklan rokok di Indonesia menggunakannya. Kemudian dipakai juga oleh para desainer untuk membuat spanduk dan lain-lain juga digunakan pada situs web Smartfren.


2. Avenir
Font ini sering digunakan dalam teks sebuah film. Film yang menggunakan ini di antaranya adalah “Captain America”.

3. Gotham
Font ini baru saja dipakai di Indonesia pada tahun 2014. Contoh font ini dipakai dalam iklan pemutih wajah Citra juga iklan di sebuah televisi.
4. NeoSans
Font ini banyak digunakan di produknya stasiun TV Indosiar.
 5. Segoe Ui Light
Font ini dipakai dalam situs Microsoft. Sekilas font ini memang mirip dengan Myriad font dan Frugal Sans font.

6. Helvetica
Bagi para desain profesional tentu akan menggunakan font ini. Namun, di Indonesia mungkin banyak orang yang tidak tahu font ini, sehingga mereka lebih terbiasa menggunakan font Arial karena sekilas memang terlihat sama. Namun, jika kita perhatikan, terlihat perbedaan yang mencolok dari font Arial dan Helvetica ini. Font Helvetica cenderung lebih lembut dan enak dibaca, sedangkah font Arial cenderung kasar. Jika kita lihat di iklan-iklan, Helvetica banyak sekali digunakan. Contohnya iklan pemutih wajah Ponds, Dove Shampoo, Garnier, Vaseline, dan lain-lain. Selain itu, Helvetica adalah font default pada perangkat Apple iPhone. Saya sarankan Anda untuk beralih dan menggunakan font Helvetica ini untuk setiap pekerjaan Anda.
Artikel selanjutnya: Internet