Selasa, 09 Juni 2015

Membuat Smartphone Android Anda Menjadi Windows Phone 8.1

Assalamualaykum,

Menggunakan smartphone android memang sudah menjadi kebiasaan orang-orang saat ini. Hampir semua orang menggunakan android untuk ponsel sehari-hari mereka. Namun pernahkah Anda merasa bosan dengan tampilan android Anda? Saya rasa itu pasti. Kalau dilihat lebih dalam memang android mempunyai tampilan antarmuka yang kurang mencolok, maksudnya tidak seperti smartphone lain yang sangat colorfull. Contohnya tampilan huruf android, lihatlah, menurut saya hurufnya kurang tepat untuk sebuah smartphone dikarenakan font android ini (Roboto), seperti Helvetica atau Arial. Selain itu tidak tersedianya tampilan tema bawaan seperti ponsel Nokia yang dulu.


Nah, di sini sudah saatnya Anda pergi dari semua itu. Untuk mengubah tampilan smartphone android Anda ke windows phone memang dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Ponsel Anda sudah dalam keadaan root maupun belum dapat kita lakukan. Jika android Anda sudah dalam keadaan root, Anda dapat memodifikasi bagian font android Anda. Jika belum, mungkin sebaiknya Anda harus me-root dulu, atau jika tidak ingin diroot juga tidak apa-apa daripada garansi hilang ‘kan?

Berikut adalah hal-hal yang kita butuhkan untuk mengubah android Anda seperti windows phone:

1. Aplikasi Launcher 8 free atau Pro
Aplikasi ini dapat mengubah semua tampilan antarmuka android Anda. Aplikasi ini dapat Anda unduh secara gratis di play store, namun jika Anda menginginkan fitur lebih, Anda dapat membeli versi pro-nya. Launcer 8 free memberikan fitur-fitur tampilan windows phone stAndar saja, sedangkan versi yang pro tentunya memiliki fitur lebih seperti dapat mengubah tampilan tile menjadi 6 buah kotak.


 
*Di sini saya tidak menyediakan link untuk mengunduhnya, hal ini untuk menghindari berkas versi lama. Langsung kunjungi saja play store untuk mendapatkan versi yang lebih baru.

2. Aplikasi StatusBar+
Aplikasi ini berfungsi untuk mengubah tampilan status android menjadi seperti windows phone. Anda dapat mengubah ikon sinyal, wifi, bluetooth, jam, nama operator, dan lain-lain.

3. Messaging 7
Aplikasi ini berguna untuk mengubah bentuk tampilan pesan Anda. Anda dapat mengubah di pengaturan sesuai dengan keinginan Anda.
*Khusus untuk pengguna Smartfren Andromax, sebaiknya Anda mengunduh terlebih dahulu aplikasi Andromax Tools. Fungsi dari aplikasi andromax tools adalah untuk mengubah setelan default mengirim sms. Maksudnya, Anda dapat mengubah dengan SIM berapa Anda akan mengirim sms. Misalnya jika mau mengirim sms dengan SIM 2, maka ubahlah pengaturan sms ke sim 2. Jika Anda tidak menggunakan aplikasi andromax tools ini, Anda hanya bisa mengirim sms dengan menggunakan SIM 1 di aplikasi Messaging 7.
Berikut ini cara mengaturnya:
1) Buka aplikasi andromax tools,
2) Pada tab SIM, pilih Setting untuk default SMS/DATA/CALL,
3) Atur SMS Subscription, kemudian pilih Subscription berapa yang ingin Anda gunakan.

4.Uber Music
Ini adalah aplikasi pemutar musik yang dikembangkan seperti tampilan windows phone. Semua tampilannya sangat mirip sekali dengan windows phone. Anda juga dapat mendownload cover album yang cocok dengan memilih menu di pengaturan.

5. WP7 Contact Lite
Ini adalah aplikasi untuk tampilan Kontak Anda. Selain tampilan kontak, aplikasi ini juga menyediakan fungsi Riwayat Panggilan dan juga Dialer yang dapat memudahkan kita tanpa harus berganti aplikasi untuk membuat panggilan. Tapi, aplikasi ini tidak mendukung pengiriman USSD Code (Pengecekan Pulsa GSM), jadi Anda harus menggunakan aplikasi Dialer bawaan android Anda untuk mengecek pulsa.

6. Font Segoe WP
Font Segoe WP adalah font stAndar yang digunakan di Windows Phone. Jika Anda ingin menggantinya Anda hanya tinggal menginstalnya saja melalui CWM.
*Untuk menginstal font Segoe WP ini hanya berlaku untuk android Anda yang sudah diroot dan sudah menginstal aplikasi CWM. Bagi yang belum diroot dan menginstal aplikasi CWM jangan mencoba untuk menginstal font ini, karena dikhawatirkan android Anda akan bootloop (tidak bisa masuk sistem).


Demikianlah artikel tentang mengubah android menjadi windows phone 8. Semoga bermanfaat.

(Ahmad Saepudin) dan berbagai sumber.