Rabu, 04 September 2013

Menetaskan Telur Bebek dengan Bantuan Induk Ayam



Siapa di antara Anda yang pernah melihat induk ayam membawa anak bebek? Pasti ada yang pernah melihat atau mungkin mungkin sama sekali tidak tahu. Memangnya bisa ya ayam membawa bebek? Ya bisa, dan hal ini sudah sangat terkenal dan banyak orang yang mempraktekkannya.

Induk ayam, Hilda, bersama lima anak bebeknyaLalu jenis telur bebek apa yang digunakan? Telur bebek yang digunakan adalah telur bebek untuk telur asin, karena jenis bebek ini tidak mengerami telurnya sendiri.

Sepertinya lucu sekali ya ada induk hewan tetapi anaknya berbeda dengan induknya itu. Nah, sudah lama sekali saya ingin mempunyai induk ayam yang anaknya bebek. Tapi sampai sekarang belum terealisasi juga. Kebetulan, sekarang di rumah ada induk ayam yang sedang bertelur, lalu saya berinisiatif bagaimana kalau saya menetaskan telur bebek dengan ayam yang ada di rumah saat ini. Tapi bagaimana cara mengurusnya? Cukup mudah, kemarin saya bertanya kepada seorang warga yang tinggal dekat rumah saya yang mempunyai peternakan bebek kecil-kecilan itu.

Caranya adalah:
1.    Pastikan kita harus punya induk ayam yang sedang mengerami telurnya. Pastikan ayam tersebut baru mengerami telurnya minimal satu hari.
2.    Siapkan telur bebek yang baru atau paling lama 3 hari dari proses bertelur dan sudah disortir. Untuk penyortiran dapat menggunakan alat sederhana dari kertas karton yang digulung kemudian periksa telur ayam tadi dengan menggunakan lampu atau sinar matahari. Ciri telur yang baik adalah telur tersebut terlihat bersih dan jernih dan tidak cacat.
3.   Erami telur bebek dengan induk ayam dan usahakan jangan terlalu banyak telur bebeknya karena dikhawatirkan induk ayam tidak dapat membolak-balik telur itu
4.        Silakan ditunggu selama 28 hari atau lebih untuk proses penetasan.

Sebenarnya ada cara lain untuk menetaskan telur bebek ini, yaitu dengan menggunakan mesin penetas. Namun, bagi yang ingin mencoba dan bukan untuk bisnis tentu hal itu terlalu sulit karena harga mesin penetas cukup mahal. Jadi, lebih baik pakai cara seperti di atas saja. :)

Bersambung...
Artikel selanjutnya: News