Rabu, 04 September 2013

Membuat Font Sendiri dengan Aplikasi Type Light 3.2


Membuat font sendiri, mungkin ini terdengar agak asing bagi Anda. Tapi, pernahkah Anda terbersit untuk membuatnya? Mungkin saja. Membuat font sendiri tentunya sangat mudah. Anda dapat menggunakan software Type Light untuk membuatnya. Sebelum memulai, ada baiknya kita lihat penjelasan berikut.


Biasanya font yang terinstal di komputer terdiri dari Regular, Bold, Italic, dan Bold Italic. Sebagai contoh, Helvetica Regular, Helvetica Italic, Helvetica Bold, dan Helvetica Bold Italic.
Keempat elemen tersebut harus ada sebagai standar font yang akan dipergunakan. Jika salah satu dari font tersebut tidak ada, maka pada saat pengetikan akan terjadi sedikit masalah. Contoh, jika font Bold tidak terinstal, pada saat mengetik di Microsoft Word misalnya, Anda tidak dapat membuat teks menjadi tebal, jika dapat pun maka itu tidak akan setebal teks yang memang terdapat font Bold yang telah terinstal. Masalah tersebut akan lebih terlihat jika kita menggunakan aplikasi Corel Draw atau Adobe Photoshop. Jika font Italic atau Bold Italic tidak terinstal maka sudah dipastikan Anda tidak dapat membuat teks menjadi miring atau tebal miring. Untuk itu, sebaiknya Anda menginstal keempat elemen font tersebut.

Dari penjelasan di atas, itu artinya kita harus membuat keempat elemen tersebut supaya tidak ada masalah nantinya saat menggunakan font yang kita buat sendiri.

Nah, sekarang silakan Anda instal dulu software Type Light. Gunakan mesin pencari untuk mendapatkannya.

Setelah aplikasi Type Light terinstal, silakan praktikkan penjelasan di bawah ini.
1. Buka aplikasi Type Light,
2. Klik menu File—New,
3. Silakan pilih Metric yang diinginkan, Anda dapat memilih metric 1000 maupun 2048,
4. Isi kotak dialog sesuai dengan keinginan Anda, misalnya Family Name: Oreo Sans, Sub Family: Regular,  Full Name: Oreo Regular, Copy Right misalnya: Hak Cipta Ahmad Saepudin 2015. Semua hak dilindungi. Kemudian klik OK.
5. Mulailah dengan membuat karakter font. Dobel klik pada map karakter yang akan dibuat. Misalnya membuat tanda seru, kemudian akan muncul kotak dialog, klik yes saja.
6. Mulailah buat karakter dengan menggunakan peralatan yang ada di sebelah kiri seperti terlihat pada gambar berikut,
7. Pastikan karakter yang sudah dibuat berada di antara garis batas warna Ungu dan Hijau, Anda dapat mengubahnya sesuai kebutuhan,

8. Silakan buat karakter sesuai yang Anda inginkan hingga selesai,
9. Setelah selesai silakan save file Anda dengan mengeklik ikon save, kemudian beri nama dan pilih ekstensi filenya bisa .ttf maupun .otf.


Demikin semoga bermanfaat. (Ahmad Saepudin)