Rabu, 10 September 2014

Menulis Huruf Arab di Microsoft Office Word


Assalamualaikum Pengunjung, bagaimana kabar hari ini? Semoga sehat ya. Hari ini saya mau posting lagi tentang bagaimana menulis huruf Arab di Microsoft Office Word. Menulis huruf Arab terkadang sangat diperlukan ketika menulis sebuah dokumen atau membuat makalah. Menulis huruf Arab memerlukan ketelitian tersendiri dikarenakan arah penulisan huruf Arab sendiri berbeda dengan penulisan huruf bahasa Indonesia, yakni huruf Arab dimulai dari kanan ke kiri, sedangkan huruf Indonesia dimulai dari kiri ke kanan. Yuk langsung saja kita praktikkan. Kali ini kita bagi dua bagian agar lebih mudah.



A. Menambah Keyboard Bahasa Arab

1. Buka Control Panel>Clock, Language, and Region>Language>Add languages>Regional variants, seperti terlihat pada gambar di bawah ini:








2. Setelah pengaturan bahasa Arab ditambahkan, hal ini akan mengubah penulisan keyboard komputer Anda. Untuk beralih dari bahasa Arab ke pengaturan default anda (bahasa United States) dapat menggunakan Short cut tombol Windows + Space.

3. Buka Microsoft Office Word, kemudian tekan tombol Windows + Space untuk mengubah pengaturan bahasa dari bahasa Inggris United States ke bahasa Arab seperti terlihat pada gambar di bawah ini:




4. Tampilkan menu On Screen Keyboard untuk mempermudah menulis huruf dengan cara klik kanan pada Taskbar>Toolbar>Touch Keyboard sehingga muncul ikon Touch Keyboard seperti terlihat pada gambar di bawah ini:




5. Kembali ke Microsoft Word kemudian aktifkan Touch Keyboard dan mulailah mengetik huruf Arab, sebagai contoh seperti terlihat pada gambar di bawah ini:

Terkadang huruf Arab yang tersedia kurang bagus, untuk mempercantik huruf yang ada, blok huruf Arab-nya kemudian ganti dengan font yang terdapat bacaan ابجد هوز. Atau, Anda dapat mendownload font Uthmani, Me_Quran, pdms_saleem, atau KFGQPC Uthmanic.


B. Menambahkan Harakat



Untuk menambahkan harakat, gunakan shortcut berikut ini:

Shift + Q     : Fatah

Shift + A      : Kasroh

Shift + E      : Dhomah

Shift + W     : Fatah Tanwin

Shift + R      : Dhomah Tanwin

Shift + S      : Kasroh Tanwin

Shift + X      : Sukun

Pemberian harakat dapat dilakukan setelah kita mengetik satu huruf Arab, kemudian ketik salah satu shortcut di atas. Atau, juga bisa setelah mengetik semua huruf baru kemudian diberi harakat dengan menyesuaikan kursornya. Jika harakat dirasa kurang tepat, maka geser kursor ke sebelah kiri atau kanan sampai terlihat tepat.



Untuk harakat lainnya seperti berikut: ٱ ۦ   آ       ٓ  ٚ ٟ, dapat menggunakan simbol di Microsoft Word melalui menu Insert>Symbol kemudian masukkan ke teks dengan menyesuaikan kursor terlebih dahulu. Untuk lebih memudahkan dapat membuat shortcut untuk masing-masing simbol. Berikut ini cara membuat shortcut untuk masing-masing simbol:

1. Pada Microsoft Word, buka menu Insert>Symbol>More Symbols seperti terlihat pada gambar di bawah ini:


Sebaiknya pilih dahulu font yang sama dengan pengaturan font sebelumnya.

2. Pilih simbol yang diinginkan, misalnya ٱ. Kemudian pilih tab Shortcut Key. Kemudian masukkan shortcut baru yang tidak ada dalam sistem dengan cara menekan tombol sesuai keinginan Anda, misalnya Alt + Z pada kolom Press New Shortcut Keys, kemudian pilih tab Assign, setelah itu Close. Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini:




Bagaimana? Mudah bukan? Demikian dari saya. Semoga bermanfaat. (Ahmad Saepudin dan dari berbagai sumber)


 

 



Artikel selanjutnya: Agama Islam, News