Jumat, 16 Agustus 2013

Yuk Melihat Calibri dan Cambria

Siapa yang tidak tahu kedua font ini, pasti semua tahu. Ya, kedua font ini menjadi default font di Microsoft Office 2007, 2010,dan 2013. Yuk simak satu per satu.
http://www.identifont.com/samples/microsoft/Cambria.gif



1.  Calibri  
Calibri adalah sebuah keluarga rupa huruf tanpa kait humanis yang berada di bawah Microsoft ClearType Font Collection. Di Microsoft Office 2007, Calibri menggantikan Times New Roman sebagai rupa huruf baku di Word dan menggantikan Arial sebagai rupa huruf baku di PowerPoint, Excel, Outlook, dan WordPad. Rupa huruf ini terus dibakukan di berbagai aplikasi Microsoft Office 2010.

Calibri dirancang oleh Lucas de Groot untuk Microsoft demi memanfaatkan keuntungan teknologi pemunculan ClearType milik Microsoft.

2.  Cambria

Cambria adalah bagian dari suite font yang datang dengan Windows Vista, Windows 7, Microsoft Office 2007, Microsoft Office 2008 untuk Mac dan Microsoft Office 2011 untuk Mac, dirancang khusus untuk membaca di layar dan menjadi estetis bila dicetak pada ukuran kecil . Ini adalah font serif transisi. Hairlines diagonal dan vertikal dan serif yang relatif kuat, sedangkan serif horisontal kecil dan berniat untuk menekankan ujung stroke yang bukan menonjol sendiri. Prinsip ini paling nyata dalam huruf miring di mana karakter huruf kecil yang tenang dalam gaya. Cambria dirancang oleh seter Belanda Jelle Bosma pada tahun 2004, dengan Steve Matteson dan Robin Nicholas.

Sumber: wikipedia id dan wikipedia Inggris.
Artikel selanjutnya: Komputer, News